MSDM Perusahaan telkomsel

5 11 2010

Soal

1.      Carilah data-data yang lengkap tentang sebuah perusahaan yang bergerak dibidang apapun, lengkap dengan struktur  fungsional  organisasi sehingga anda bisa mencermati setiap posisi didalamnya.

2.      Dari data tersebut carilah satu posisi atau jabatan tertentu, cermati data-data kualifikatif yang diharuskan oleh posisi tersebut(jika memang ada) lalu buatlah rancangan uraian jabatan dan spesifikasikan jabatan untuk posisi atau jabatan dalam perusahaan tersebut.

3.      Buatlah suatu rancangan analisa jabatan yang utuh untuk posisi yang anda pilih tersebut! Jelaskan pula faktor-faktor apa yang menjadi keuntungan dan hambatan bagi anda dalam membuat analisa jabatan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan!

Jawab

PERUSAHAAN TELKOMSEL

DATA SEGMEN

Infomedia Nusantara telah dipercaya mengelola dan memelihara data direktori seluruh Indonesia selama kurang lebih 30 tahun. Dengan bermodalkan pengalaman dan analisa baik secara internal maupun eksternal, Infomedia berusaha memberikan produk baru dalam bidang penyediaan sumber data. Data segmen, merupakan data yang sudah diperkaya dan dikembangkan dengan informasi-informasi tambahan yang berasal baik dari proses kegiatan yang ada di Infomedia maupun dari proses pengakusisian data.

Data segmen, didapatkan melalui suatu proses pengolahan dan pemeliharaan data yang terintegrasi untuk menjamin keabsahan informasi yang dikeluarkan nantinya.

Proses tersebut dilakukan sepanjang tahun, dan setiap tahun untuk mendapatkan informasi yang paling terbaru dari data yang ada.

Proses segmentasi dan pembelian data segmen yang dilakukan adalah seperti pada bagan dibawah ini.

Dengan tenaga ahli yang berpengalaman, dan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sesuai, segmentasi-segmentasi tambahan akan terus dikembangkan dimasa-masa yang akan datang sesuai dengan kebutuhan.

TELESURVEY

Menyadari bahwa tidak semua jenis informasi yang dibutuhkan dapat disediakan melalui produk data segmen, maka Infomedia memberikan layanan yang dapat memberikan informasi-informasi sesuai dengan keinginan dari pelanggan. Infomedia menyediakan layanan Telesurvey, dimana layanan ini didukung dengan data-data dan SDM yang berpengalaman serta teknologi yang canggih akan dapat memberikan suatu solusi yang lebih mudah dan cepat.

Telesurvey adalah suatu jenis layanan survey yang dilakukan melalui telepon. Layanan di dukung dengan data-data direktori yang telah dipelihara dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang dapat mempermudah dan mempercepat proses survey itu sendiri.

Layanan telesurvey dapat diberikan sebagai suatu layanan yang terpisah, dapat juga diberikan sebagai layanan yang terintegrasi dengan layanan sebelumnya seperti yang tergambar pada bagan dibawah.

DATA MATCHING

Infomedia dengan pengalaman selama 30 tahun dalam pengelolaan dan pemeliharaan data menyadari betapa diperlukannya menjamin kevalidan dan keabsahan data dari waktu ke waktu bagi setiap pelaku bisnis. Karena itu Infomedia memberikan suatu jasa yang dapat membuat perusahaan merasa lebih mudah dan lebih terkonsentrasi kepada kegiatan inti bidang usahanya dengan menyerahkan pengelolaan data dan pembenahan data ke Produk Konten Infomedia.

Dalam proses matching ini, data akan melalui beberapa sub-proses, seperti proses data cleansing (pembenahan data-data error), proses data restructuring (perubahan struktur data), dan proses matching sendiri.

Sub-sub proses tersebut dilakukan oleh tim Data Management, yang didukung dengan penggunaan aplikasi yang akan mempermudah dan mempercepat setiap proses yang terjadi.

Terdapat tiga jenis layanan dalam data matching:

  • Matching berdasarkan no telepon
  • Matching berdasarkan nama ataupun alamat
  • Matching Plus, yaitu proses matching yang dilanjutkan dengan proses verifikasi terhadap data-data yang tidak match.

Matching Data

Merupakan proses relasi antara data Klien dengan data yang dimiliki Infomedia sehingga output yang dihasilkan adalah seperti tergambar pada proses dibawah ini:

  • Key Relasi : Kode Area + No. Telp

  • Key Relasi : Nama dan Alamat
Persyaratan Proses Matching 

  • Relasi berdasarkan No. Telp : Kode Area dan No. Telp
  • Relasi Berdasarakan Nama dan Alamat : Alamat disertai dengan wilayah (Minimal Kota)

Verifikasi Data

Tim Data Management akan melakukan konfirmasi kepada pelanggan mengenai keberadaan data alamat dan atau data pemakai telepon yang tidak matching dengan data pelanggan. Proses verifikasi data ini dapat dilakukan melalui cek phone ataupun survey ke lapangan. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai proses verifikasi data melalui cek phone, yaitu :

 

ONLINE DATA

Untuk memberikan solusi pada permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam hal pengelolaan data bagi perusahaan, khususnya data konsumen/calon konsumen, Produk Konten Infomedia memberikan layanan pengadaan service yang bisa memberikan system, data dan teknologi yang saling terintegrasi, reliable dan update.

Pada layanan ini akan dikombinasikan keseluruhan service yang diberikan ke dalam satu produk. Produk Konten Infomedia mempunyai kegiatan/proses bisnis yang dapat menjamin status data selalu terupdate sepanjang tahun. Dipadu dengan kemampuan SDM yang berpengalaman dalam pengelolaan database, juga system dan data-data yang selalu terjaga dalam kondisi optimal sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Hal tersebut diintegrasikan dengan kompetensi utama lainnya dari PT. Infomedia Nusantara yaitu berupa Contact Center Solutions yang dapat memberikan berbagai alternative pengadaan proses inbound/outbound call perusahaan dan juga dengan layanan Produk Konten Infomedia, yang dapat memberikan solusi lain dalam hal pengakuisisian kelengkapan data bagi kebutuhan perusahaan dan layanan outbound service berupa sms dan direct mail.

Layanan ini disediakan dengan menggunakan system online yang mana menghubungkan system data yang digunakan khusus bagi pelanggan dengan database yang terdapat di Infomedia. Dengan data processing system yang online, maka akan memberi kemudahan kepada customer untuk dapat menerima data-data sesuai dengan kondisi data yang ada di Infomedia.

Struktur Organisasi Telkom

Dalam pengelolaan organisasinya, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki sebuah Dewan Komisaris yang terdiri dari 1 (satu) ketua dan 4 (empat) anggota serta sebuah Dewan Direksi yang beranggotakan 1 (satu) orang Presiden Direktur atau CEO dan 4 (empat) orang anggota Dewan Direksi lainnya yang memiliki fungsi dan tanggung jawab yang berbeda seperti Direktur Sumber Daya dan Bisnis Pendukung/CIO, Direktur Bisnis Jaringan Telekomunikasi, Direktur Bisnis dan Jasa Telekomunikasi, dan Direktur Keuangan/CFO.

Sebagai sebuah holding company, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki beberapa buah anak perusahaan terafiliasi seperti PT Telekomunikasi Selular Indonesia yang bergerak sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi bergerak selular, PT Indonusa Telemedia yang menangani bisnis multimedia penyiaran dan Internet dengan nama produk TELKOMVision dan PT Infomedia Nusantara yang mengelola bisnis penerbitan Buku Petunjuk Telepon (Yellow Pages) dan Call Center.

Selain anak perusahaan tadi, dalam menjalankan operasi perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. telah mengelompokan unit-unit yang ada dalam organisasi ke dalam bentuk Divisi, Center dan Yayasan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: